official website of

Search
Close this search box.

Jenis Olahraga Otomotif ini merupakan kombinasi dan peralihan dari Reli Ketepatan Waktu (Time Rally) ke Reli Kecepatan Waktu yang dahulu dikenal dengan Speed Rally yang menitikberatkan kemahiran mengemudi (skill) sekaligus menguji ketahanan mobil serta memperlombakan kecepatan waktu dalam beberapa hari.

Perkembangan Olahraga Otomotif di Tanah Air dan para Pecinta Olahraga tersebut tidak mungkin melupakan jenis olahraga reli, karena semuanya berawal dari berwisata sambil berlomba, sehingga lahirlah cabang Reli Wisata pada periode 1950-an, Speed Rally dan Sprint Rally pada periode berikutnya.

Masa kejayaan Speed Rally sudah mulai terlihat sejak tahun 1976, saat seri kejuaraan nasional Speed Rally diadakan setiap tahun dalam beberapa putaran yang diselingi berbagai kejuaraan bertaraf internasional, dimana telah diselenggarakan pertama kali di Tanah Air Kejuaraan Speed Rally dengan nama “Rally Internasional Darma Putra I” yang memperebukan Piala Bergilir Presiden RI.

Rally adalah olahraga otomotif yang menggunakan mobil khusus yang telah dimodifikasi agar bisa melalui jalanan tanah (dirt) atau jalanan dengan medan cukup berat, khususnya FIA World Rally Championship diselenggarakan tiap bulan dengan jenis jalanan aspal, salju, kerikil, dan lumpur.

Orang Indonesia pertama yang mengikuti kegiatan rally adalah Albert M. Panggabean, Totok Bakri, dan Suhirman Gondokoesoemo, dan diteruskan serta di kembangkan oleh generasi muda hingga saat ini.