official website of

Search
Close this search box.

Jenis Olahraga Otomotif ini pertama kali diselenggarakan di tanah air pada tahun 1967 melalui Hengky Iriawan, penggagas pembuatan mesin gokart berasal dari beberapa mahasiswa ITB (Institut Tekhnologi Bandung) Jurusan Mesin, didukung pula oleh semakin besar keyakinan sebagian besar masyarakat yang menilai Olahraga Gokart sebagai Variasi dalam Jenis Olahraga Otomotif.

Olahraga Balap Mobil Mini Single Seater di Indonesia ini dianggap sebagai dasar untuk jenjang Balap Mobil paling bergengsi di dunia yaitu Formula 1. 

Semarak Olahraga Gokart mencapai puncaknya ketika diadakan kejuaraan Internasional “Indonesia Marlboro Kart Prix” di Sirkuit Permanen Ancol sepanjang tahun 1979 – 1983.

Istilah Gokart diganti menjadi Karting mulai diperkenalkan pada tahun 1996 oleh CIK-FIA sebagai induk tertinggi Olahraga Gokart.

Kart adalah sebuah kendaraan yang mempunyai tempat duduk tunggal, tanpa penutup atau cockpit, tanpa suspensi dengan atau tanpa bodywork serta 4 buah non Aligned Wheel yang bersentuhan dengan tanah dan 2 buah ban depan yang mengontrol arah, dimana 2 buah ban belakang yang dihubungkan oleh satu buah axle untuk mendistribusikan tenaga dari mesin.