official website of

Search
Close this search box.

Homologasi adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani, “homologeo”, yang berarti “setuju”, dimana berarti pemberian izin oleh pihak otoritas tertinggi di bidangnya. Dalam lingkup olahraga otomotif, homologasi merupakan proses penilaian semua aspek balap terhadap standar safety yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin.

 

Sertifikasi ini syarat penting yang dibutuhkan untuk menggelar balapan dan meliputi banyak hal yang perlu dipertimbangkan sehingga event berlangsung aman. Proses homologasi dilakukan oleh organisasi tinggi yang terkait serta berwenang, untuk Olahraga Mobil oleh Federation Automobile’l Internationale (FIA) dan untuk Olahraga Sepeda Motor oleh Federation Internationale de’ Motocyclisme (FIM).

 

FIA & FIM akan menugaskan inspektor untuk melihat langsung kelayakan sirkuit dan akan melakukan penilaian untuk menentukan hasil homologasi.

Pengajuan homologasi harus melampirkan data-data sirkuit secara detail, meliputi desain, ukuran (panjang dan lebar trek), jumlah tikungan, kualitas aspal, kerb, area run-off, dinding pembatas, panel penunjuk, sistem drainase, paddock hingga pusat medis, serta lokasi sirkuit, jarak dengan pemukiman, kepemilikan tanah, ketersediaan hotel dan area parkir sampai kondisi lalu lintas dari dan menuju trek juga menjadi bahan evaluasi.

 

Inspektor akan mengeluarkan laporan hasil pemeriksaan yang di dalamnya juga mencakup rekomendasi kepada pengelola sirkuit agar mendapatkan lisensi yang diperlukan. FIM mengkategorikannya dalam enam tingkatan yaitu Grade A hingga Grade F dan FIA mengklasifikasikan menjadi enam level yaitu Grade 1 sampai Grade 6.

 

Pendekatan kolaboratif FIA & FIM terhadap standar keselamatan akan memastikan keamanan berada di level tertinggi dan dapat memajukan standar keselamatan untuk semua olahraga otomotif di dunia.