Ryan Nirwan Siap Rally Pakai Toyota GR Yaris AP4
2021-05-11 07:29:58

mobilinanews (Jakarta) - Gairah reli Indoneaia kembali memuncak dengan hadirnya mobil reli baru yang siap digas oleh pereli BRM Motorsport, Ryan Nirwan, pada Kejurnas Sprint Rally.

Pereli asal Balikpapan, Kalimantan Selatan, resmi memboyong Toyota GR Yaris yang memiliki DNA kuat dari ajang reli dunia. Disinyalir, mobil reli milik putera Roy Nirwan ini akan menjadi satu-satunya di Indonesia yang mengambil basis dari GR Yaris.

"Saya akhirnya berani bilang iya, GR Yaris ini akan jadi mobil reli saya Insya Allah buat tahun depan (2022)," ujar Ryan Nirwan, kepada mobilinanews.

Momen ini sekaligus menjawab desas desus yang sempat beredar belakangan ini mengenai mobil apa yang akan dipakai oleh Ryan Nirwan untuk mengalahkan dominasi Rifat Sungkar dan Haji Rihan Variza.

Menurut penuturannya, Toyota GR Yaris ini tengah didevelop oleh salah satu bengkel di New Zealand, dan biasanya waktu pengerjaan memakan waktu sekitar lima sampai enam bulan ke depan.

"Kalau dilihat dari basis mobilnya, harusnya bengkel di sana tidak kesulitan ya. Karena kan mobilnya juga dirancang untuk penggunaan reli. Waktj pengerjaan, estimasi ya bulan Oktober atau November 2021, sudah bisa melakukan testing di New Zealand," tambah Ryan.

Dengan hadirnya Toyota GR Yaris yang akan menjadi senjata baru BRM Motorsport, semakin menambah variasi mobil modern yang diturunkan untuk ajang balap. Hal ini melengkapi beberapa mobil reli yang sudah digunakan oleh pereli lainnya.

Jika dijabarkan, setelah Rifat Sungkar menyulap Mitsubishi Xpander menjadi mobil reli AP4 dan Haji Rihan Variza memboyong Mazda2 AP4, kini semakin bertambah dengan hadirnya Toyota GR Yaris milik Ryan Nirwan.

Bahkan, ada beberapa mobil reli lagi yang juga akan datang dari pereli lain untuk meramaikan ajang reli Tanah Air. Namun, untuk mobil yang paling wah dalam ajang reli di Indonesia, tetap dipegang oleh Sean Gelael, yang menurunkan Citroen R5, mobil dengan spesifikasi buas dan digunakan unthk ajang WRC2. (hf)