Pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia Dapat Apresiasi dari Mekanik Jepang
2022-12-15 08:55:22

mobilinanews (Jepang) - Kehadiran pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia, Jordan Johan, dalam gelaran Grand Final Toyota Yaris Cup 2022 yang digelar pada Minggu (11/12/2022) di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, rupanya memberikan impresi yang positif bagi mekanik Jepang.

Diungkapkan oleh Toshio Obara, Executive Advisor TGRI and President Director TCD AP Indonesia, mengatakan kru yang bertugas untuk menangani mobi Toyota Yaris begitu terkesan dengan kemampuan balap pembalap berusia 22 tahun tersebut.

"Ya semua mekanik di sini mengatakan pembalap Indonesia ini sangat bagus," jelas Toshio Obara, saat berbincang di Jepang beberapa waktu lalu.

Adapun alasan yang membuat mekanik Jepang ini terkesan adalah kemampuan adaptasi dari seorang Jordan Johan, di mana ia hanya memiliki waktu selama 4 hari untuk mengenal karakter mobil balapnya selama di Jepang.

"Meski hanya sedikit latihan, tetapi Jordan memiliki kualitas yang baik. Dia mampu beradaptasi dengan sangat cepat yang membuat mekanik Jepang ini begitu terkesan," tambahnya.

Saat melakoni Grand Final Toyota Yaris Cup 2022 ini, mobil balap yang digunakan tidak boleh melakukan serangkaian modifikasi alias harus standar pabrikan. Adapun beberapa komponen yang boleh diganti, hanya sebatas penggantian suspensi, velg, dan ban.

"Ia mobilnya standar dan memang tidak boleh ada modifikasi, cuma suspensi, velg, ban sama roll bar yang sudah dipasang oleh mereka saja," imbuh Jordan.

Rupanya, kesan positif kepada Jordan Johan dibayar lunas lewat performa yang ia tampilkan dalam balapan. Selama 10 putaran, pembalap yang memulai balapan dari posisi ke-30, mampu menuntaskannya di posisi ke-16.

"Kita balapan pakai mobil standar, dan dari awal sampai finish itu jaraknya rapat banget. Kita bergantian posisi berapa kali, jadi ketika kita bikin kesalahan dalam balap, kita tidak langsung ketinggalan jauh, hal ini karena spesifikasi mobil balap kita sama lantaran performa mobil kita sama semua," imbuh adik kandung Julian Johan. (har)