Mengenang Helmy Sungkar : Sosoknya Tak Tergantikan di Balap Indonesia
2020-11-26 07:38:06

mobilinanews (Jakarta) - Berpulangnya promotor balap kondang Tanah Air, Helmy Sungkar memberikan pukulan telak bagi insan motorsport.

Bukan hanya komitmen, dedikasi yang tinggi dari seorang Helmy Sungkar patut ditiru untuk kemajuan balap.

Sebagai pelaku motorsport Indonesia, Adi Wibowo merasa kehilangan sosok yang khas dengan senyumnya itu.

Menurut Adi setelah kepergian Helmy Sungkar, belum ada lagi sosok yang bisa menggantikan beliau.

"Harus ada orang yang memiliki pikiran seperti itu. Bukan 100 persen, bahkan 1000 persen untuk komitmen menghidupi balap nasional. Kalau saya dengar dari cerita teman-teman, dia rela jual mobil untuk menghidupkan balap, kan komitnya hebat. Belum ada yang bisa nyaingin kaya gitu," ujar Adi Wibowo kepada mobilinanews.

Berkat kegigihan almarhum sejak awal meniti karir sebagai promotor, ini yang menjadi cikal bakal lahirnya para promotor nasional yang saat ini membidani ragam balap di Indonesia.

"Ya contoh dari yang dulu, para promotor nasional (pronas) itu copy paste dari beliau karena bisa mengembangkan suatu olahraga menjadi berkibar seperti sprint rally, motocross dan yang lain. Dia juga membuat kemasan olahraga motorsport menjadi berbobot," tambah Adi.

Sebagai orang yang juga mendedikasikan diri untuk motorsport, ia berharap ada sosok lain yang bisa menjalankan komitmen tinggi terhadap dunia balap Indonesia.

"Kita berharap ada sosok pengganti. Kalau saya denger dari ceritanya, ia mau berkorban terhadap perusahaannya sendiri demi menghidupi balapan," tambah Adi.

Sementara itu, dari Palembang, Sumatera Selatan, tokoh otomotif Riduan Tumenggung menangis mendengar berita Helmy Sungkar telah berpulang meninggalkan kita semua. 

"Sediih banget. Dunia Otomotif Indonesia gak akan pernah ada lagi figur dan tokoh sekaliber beliau yang serba bisa. Beliau tidak tergantikan oleh siapapun sampai sekarang di dunia otomotif Indonesia," ujar Riduan. 

"Beliau bener-benar hebat dengan kapasitasnya. Saya berguru dan belajar banyak dari beliau, karena selama beberapa tahun bekerjasama, di setiap ada event di Sumsel dan Bangka," lanjut Riduan.

"Dari motocross dan rally nasional terakhir Asia Zone Rally di Palembang, kerjasama dengan Pak Helmy Sungkar sangat profesional dan menyenangkan," terang Riduan, kreator sirkuit Skyland International Musi Banyuasin, Sumsel.

"Selamat jalan Bapak Motocross, Sprint Rallt dan Rally Indonesia. Semoga Sang Khalik Mendekapmu di dalam Surga-Nya," tuntas Riduan yang masih merasakan duka mendalam.

Amin. (bs, hf)