Kesan Tak Terlupakan Ria Sungkar Dampingi Putranya Perally Rifat Sungkar di AXCR 2022 Thailand - Kamboja
2022-12-06 07:53:22

mobilinanews (Jakarta) - Bagi Rifat Sungkar, kehadiran sang ibunda Ria Sungkar sekaligus mendampingi hingga Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand dan Kamboja usai pada 26 November lalu seperti jimat.

Bagaimana tidak, Ria Sungkar yang memiliki basic sebagai perally di eranya tersebut menjadi penyemangat dan inspirator Rifat yang debut pada rally panjang dengan total jarak 2.000 km, ditempuh selama 6 hari, dari Thailand hingga menembus Kamboja.

"Pokoknya seru banget, ada banyak hal bisa diceritain. Tapi kan sebagai pereli Team Mitsubishi Ralliart, segala bentuk informasi dan publikasi terkait event AXCR harus melalui Mitsubishi. Tapi ini rally benar-benar sangat menantang, karena tidak ada survey, SS (Special Stage) yang akan dilalui baru dibagikan beberapa jam sebelumnya," ungkap Ria Sungkar kepada mobilinanews.

Ria Sungkar menyebut AXCR sebagai Blind Rally, atau rally buta. "Mengingatkan saya pada rally tahun 80-an, di kawasan Jawa Barat, juga tidak pakai survei segala macam. Tapi, justru di situ menariknya," lanjut Ria yang dalam satu sesi tampak memijat punggung Rifat di service park AXCR.

Oma tiga anak dan beberapa cucu ini merasa bersyukur akhirnya Rifat bisa finish, dan bahkan naik podium sebagai juara ke-5 overall pada penampilan pertamanya di AXCR.

Yang membanggakan, keikutsertaan Rifat Sungkar ke ajang "Rally Dakar Asia" 2022 atas penunjukkan langsung Hiroshi Masuoka, Direktur Mitsubishi Ralliart, atas prestasinya di ajang rally bersama Mitsubishi Motors.

Menggunakan Mitsubishi Xpander yang secara basic merupakan passenger car, suami artis Sissy Priscillia itu sukses menyabet juara nasional Sprint Rally pada 2021.

Dan pada tahun ini, dengan mobil sama, Rifat sukses menjadi juara nasional Rally, mengungguli para perally dengan mobil spec rally sekelas Skoda Fabia, GR Yaris AP4 hingga Subaru. 

Satu kalimat berkelakar mencuat dari Ria Sungkar terkait AXCR 2022. "Secara cost, bisa jadi tidak mahal. Karena mobil yang dipakai canggih. Seperti Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat, yang pada SS2 harus rally dengan 3 roda karena satu ban kanan belakang pecah, dan hanya boleh melakukan penggantian di Service Park," terang Ria Sungkar.

Padahal insiden mobil hanya dengan 3 ban itu terjadi sejak km 80 dari total 200 an kilometer yang harus diselesaikan pada SS terpanjang di AXCR 2022.

Namun dengan bekal pengalaman dan ketangguhan Rifat sebagai seorang jawara rally, dan didukung keandalan mobil, bisa dilalui dan berakhir happy ending. (bs)